Klasifikasi dan Morfologi Bayam Duri (Amaranthus Spinosus), Ciri-Ciri Tanaman, Manfaat Serta Khasiatnya

Klasifikasi, dan morfologi Bayam Duri (Amaranthus Spinosus), ciri-ciri tanaman, manfaat serta khasiatnya - Amaranthus spinosus, yang umumnya dikenal sebagai bayam duri adalah tumbuhan asli Amerika tropis, namun hadir di sebagian besar benua sebagai spesies yang dikenalkan dan kadang-kadang merupakan gulma berbahaya. Ini bisa menjadi gulma padi yang serius di Asia.

Ciri-Ciri Tanaman Bayam Duri

Bayam duri, tanaman ini memiliki batang yang lembut atau lembab, tingginya bisa mencapai satu meter.

Sebagai jenis yang unik dari tanaman bayam ini memiliki duri pada batang pohon-nya, tepatnya di dasar tangkai daun ada duri, sehingga orang menyebutnya duri bayam.

Bayam duri, tumbuh liar di halaman, lapangan atau di jalan-jalan desa. Bayam duri tumbuh dengan baik di tempat yang cukup sinar matahari dengan suhu antara 25-35 Celsius.

Nilai Nutrisi Bayam Duri (Amaranthus Spinosus)

Kalori, Air, Protein, Karbohidrat, Serat, Mineral, kalsium, Fosfor, Besi, Magnesium, Sodium, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Niacin, Vitamin B6, Vitamin C

Manfaat dan Khasiat Bayam Duri

Manfaat dan Khasiat Bayam Duri

Membantu menurunkan berat badan

Hal paling alami yang harus dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah menjaga pola makan sehat, sehingga kita bisa mendapatkan manfaat dari makan sehat. Tapi amaranthus mengandung banyak vitamin dan hormon spesifik yang menekan nafsu makan

Meningkatkan kesehatan mata

Salah satu manfaat kesehatan Amaranthus Spinosus adalah memperbaiki penglihatan mata. Ini mengandung lutein yang berhubungan dengan jaringan mata untuk membuat penglihatan lebih baik

Meningkatkan kandungan protein

Nilai protein tinggi membantu tubuh kita menciptakan sel dan jaringan baru
Pengobatan untuk masalah gastrointestinal - Kandungan serat yang tinggi pada daunnya memungkinkan keadaan lebih baik untuk memperlancar proses pencernaan

Perawatan kesehatan rambut

Amaranthus memiliki asam amino langka yang membantu mencegah kebotakan

Mengembangkan tulang

Ini bisa digunakan sebagai makanan super untuk meningkatkan pertumbuhan tulang karena mengandung kalsium yang diperlukan untuk mengembangkan tulang.

Dikatakan bahwa tanaman herbal ini merupakan salah satu kandungan kalsium yang paling tinggi dibanding sayuran lainnya

Penggunaan pewarna

Dalam bahasa Khmer, ini disebut pti banlar dan di Vietnam giền dan abunya secara historis digunakan sebagai pewarna kain abu-abu.

Penggunaan makanan

Seperti beberapa spesies terkait, A. spinosus adalah tanaman pangan bernilai di Afrika. Hal ini dinilai juga dalam masakan Thailand, di mana disebut phak khom (Thailand: ผัก ขม). Di Tamil, itu disebut mullik keerai. Dalam bahasa Sanskerta, itu disebut tanduliyaka. Ini digunakan sebagai makanan di Filipina, dimana itu disebut kulitis.

Daun tanaman ini, yang dikenal sebagai massaagu dalam bahasa Maldivian, telah digunakan dalam makanan Maladewa selama berabad-abad dalam hidangan seperti mas huni. Di Meksiko, itu adalah salah satu spesies berlabel quelite quintonil di pasar Meksiko. Di Bangladesh itu disebut "Katanote (কাটানটে)".

Tindakan Pencegahan

Manfaat kesehatan dari Amaranthus spinosus sebenarnya sangat tinggi dibandingkan dengan obat herbal lainnya dari sifat kalsiumnya.

Tapi daun anasanthus spinosus mengandung kadar oksalat rendah, yang bukan hal yang baik untuk orang dengan kondisi medis khusus seperti batu ginjal atau batu empedu.

Belum ada catatan tentang reaksi alergi terhadap tanaman herbal ini. Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan amaranthus spinosus ke dalam makanan Anda.